Senin, 05 November 2012

Makan Mie Instan Bikin Badan Gemuk

          Waah.... Mie instan itu makanan yang menurut saya enak loh.. Disamping enak, harganya sangat terjangkau. Seru banget tuh kalo sore-sore makan mie instan bareng keluarga dirumah..... Pake cabe terus tambah sayur deh..... Dari kecil saya suka sekali sama mie instant, karena rasanya macam-macam. Jadi ga bosen deh makannya...
          Tapi tau ga kalo mie instan itu kurang baik untuk tubuh dan yang saya baru tahu, mie instan itu bisa bikin gemuk badan...  Waaaaah.. kalo kaya gini saya ga mau sering-sering deh makan mie instant lagi... 


Mau tau kenapa mi instan bisa bikin gemuk badan... Nih... kita liat ya penjelasannya..
     
         Mie instan terbuat dari campuran tepung, minyak sayur, garam, beberapa bahan adiktif seperti MSG, dan ada beberapa yang memberi sayuran kering. Meskipun demikian, mie instan belum dapat dianggap sebagai makanan penuh (wholesome food) karena belum mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang bagi tubuh.  Kandungan-kandungan berikut ini yang dapat membuat tubuh gemuk kalau terlalu sering makan mie instan :

* Kandungan karbohidrat & minyak dalam jumlah besar                   
      Mie instan yang terbuat dari terigu mengandung karbohidrat dalam jumlah besar, tetapi kandungan protein, vitamin, dan mineralnya hanya sedikit. Pemenuhan kebutuhan gizi mie instan dapat diperoleh jika ada penambahan sayuran dan sumber protein. Jenis sayuran yang dapat ditambahkan adalah wortel, sawi, tomat, kol, atau tauge. Sumber proteinnya dapat berupa telur, daging, ikan, tempe, atau tahu. Satu takaran saji mi instan yang berjumlah 80 gram dapat menyumbangkan energi sebesar 400 kkal, yaitu sekitar 20% dari total kebutuhan energi harian (2.000 kkal). Energi yang disumbangkan dari minyak berjumlah sekitar 170-200 kkal. Hal lain yang kurang disadari adalah kandungan minyak dalam mie instan yang dapat mencapai 30% dari bobot kering. Hal tersebut perlu diwaspadai bagi penderita obesitas atau mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Bukannya membuat kurus, tetapi justru akan membuat gemuk.

* Mie Instan membuat kita lebih cepat lapar dari pada makan nasi
        Sifat karbohidrat dalam mie instan berbeda dengan sifat yang terkandung di dalam nasi. Sebagian karbohidrat dalam nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek rasa kenyang lebih lama. Sedangkan karbohidrat dalam mie instan sifatnya lebih sederhana sehingga mudah diserap. Akibatnya, makan mie instan akan memberi efek lapar lebih cepat dibandingkan dengan makan nasi. Hal ini akan membuat nafsu makan meningkat, cepat lapar akan membuat cepat gemuk.

*  Pengaruh Kandungan Monosodium Glutamat (MSG)
        Bumbu mie instan mengandung MSG. Monosodium glutamat (MSG) selain dianggap sebagai pemicu kanker dalam tubuh, juga memiliki kontribusi meningkatkan berat badan. Hal ini dikarenakan porsi makan bertambah akibat rasa lezat makanan. Selain itu juga karena adanya perubahan pada hormon leptin, hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Orang yang banyak mengasup makanan ber-MSG memiliki lebih banyak hormon leptin. Konsumsi MSG mungkin menyebabkan resistensi leptin sehingga tubuh tidak bisa memproses energi yang didapat dari makanan secara sempurna. Itu sebabnya mengapa berat badan orang yang mengonsumsi MSG bertambah sesuai dengan jumlah kalori yang diasupnya.

Nah.. udah jelas kan kenapa saya bilang mie instan itu bisa bikin tubuh kita gemuk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar